Minggu, 25 Desember 2011

tugas kuliah (harmadi-derasid.blogspot.com)

PENYUSUNAN STRATEGI INSTRUKSIONAL

Oleh Harmadi

Pokok bahasan yang akan dijadikan contoh pembuatan strategi instruksional dalam tulisan ini ialah pokok bahasan (Standar Kompetensi)dalam mata pelajaran IPS Terpadu SMP kelas IX semester 1 yaitu sebagai berikut.

”Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional”

A. Analisis kebutuhan

Berdasarkan anlisis terhadap silabus mata pelajaran IPS Terpadu maka materi pelajaran dengan judul lembaga keuangan dan perdagangan internasional belum pernah diterima siswa pada kelas dan semester sebelumnya. Ini berarti siswa tersebut membutuhkan materi tersebut.

B. Analsisis Instruksional

Materi ini disampaikan pada kelas IX semester 1, berarti kelas IX ini sudah pernah dan mungkin sering mengikuti beberapa metode pembelajaran dari guru, berarti siswa kelas IX ini dapat menerima berbagai macam metode, dan tidak kaget apabila didalam pembelajaran nati terdapat metode yang mungkin lain dan belum pernah mereka mengalaminya. Berdasarkan uraian di atas maka untuk membelajarkan materi tersebut dapat dilakukan dengan pendekatan kooperatif metode diskusi (problem solving).

C. Analisis Karakteristik Siswa

Karakteristik siswa dapat dianalisis dengan melihat latar belakang mereka. Mereka pada umumnya memiliki kemampuan dan kecerdasan rata-rata. Ditinjau dari minat dan motivasinya, mereka cenderung menginginkan adanya strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang bervariasi atau tidak monoton pada satu pola pembelajaran.

D. Rumusan TIK yang dapat mendukung pokok bahasan atau Standar Kompetensi di atas adalah sebagai berikut.

1. Setelah membaca Buku Ekonomi Kelas IX hal 10 siswa dapat sejarah penggunaan uang minimal 80% benar.

2. Setelah diberikan penjelasan oleh guru siswa dapat menyebutkan perbedaan uang kartal dan uang giral dengan benar.

3. Setelah melakukan diskusi kelompok siswa dapat membedakan tugas bank sentral, bank umum, dan Bank Perkreditan Rakyat.

4. Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat memberikan 4 contoh lembaga keuangan bukan bank,

5. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan 2 faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional.

6. Setelah diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan 2 contoh alat pembayaran luar negeri.

7. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan sumber-sumber devisa negara.

8. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan sumber-sumber devisa negara serta penggunaannya.

E. Tes acuan

1. Jelaskan sejarah penggunaan uang di masyarakat pada umumnya.

2. Sebutkan 2 perbedaan uang kartal dan uang giral.

3. Sebutkan 2 perbedaan tugas bank sentral, bank umum, bank perkreditan rakyat.

4. Berikan 4 contoh lembaga keuangan nonbank.

5. Sebutkan dua faktor penyebab terjadinya perdagangan antar negara.

6. Sebutkan 2 contoh alat pembayaran luar negeri.

7. Sebutkan 2 sumber devisa negara.

8. Sebutkan 2 sumber devisa begara dan penggunaannya.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : IPS Terpadu

Kelas / Semester : IX / 1

Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 kali pertemuan)

Tahun Pelajaran : 2009/2010

1. Standar Kompetensi : ”Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional”

2. Kompetensi Dasar : a. Mendeskripsikan uang dan lembaga

Keuangan

b. Mendeskripsikan perdagangan

internasional dan dampaknya terhadap

perekonomian Indonesia.

3. Indikator : a. Mendeskripsikan sejarah penggunaan uang.

b. Mendeskripsikan jenis-jenis uang.

c. Mendeskripsikan 3 jenis bank.

d. Mendeskripsikan lembaga keuangan

nonobank.

e. Mendeskripsikan faktor- faktor penyebab

terjadinya perdagangan antar negara alat

pembayaran luar negeri.

f. Sebutkan 2 sumber devisa negara.

g. Sebutkan 2 sumber devisa begara dan

penggunaannya.

4. Tujuan Pembelajaran;

1. Setelah membaca Buku Ekonomi Kelas IX hal 10 siswa dapat sejarah penggunaan uang minimal 80% benar.

2. Setelah diberikan penjelasan oleh guru siswa dapat menyebutkan perbedaan uang kartal dan uang giral dengan benar.

3. Setelah melakukan diskusi kelompok siswa dapat membedakan tugas bank sentral, bank umum, dan Bank Perkreditan Rakyat.

4. Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat memberikan 4 contoh lembaga keuangan bukan bank,

5. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan 2 faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional.

6. Setelah diberikan penjelasan, siswa dapat menyebutkan 2 contoh alat pembayaran luar negeri.

7. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan sumber-sumber devisa negara.

8. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan sumber-sumber devisa negara serta penggunaannya.

5. Metode Pembelajaran:

Ceramah, diskusi

6. Materi Ajar:

a. Uang dan Lembaga Keuangan

b. Perdagangan Insternasional.

7. Langkah-kangkah:

1. Pendahuluan:

· Administrasi

· Apersepsi

· Motivasi

2. Kegiatan Inti:

· Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok

· Guru menjelaskan secara singkat terhadap materi pelajaran yang terdapat di dalam LKS.

· Siswa mengerjakan tugas secara berkelompok.

· Setiap wakil kelompok mempresentasikan hasil dari pengerjaan LKS ke depan kelas.

· Siswa/ kelompok lain mengamati dan memberikan komentar sertas pertanyaan.

· Guru mengklarifikasi materi ajaran dan mengadakan refleksi.

3. Kegiatan Penutup

· Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan materi pembelajaran.

· Guru memberikan tugas untuk di rumah.

· Guru menutup pelajaran dengan salam.

9.Alat dan Sumber bahan

Alat : Papan Tulis, OHP

Bahan : -Buku Teks Ekonomi SMP Kelas VIII Penerbit Grafindo, 2004 - LKS

10.Penilaian:

1. Jelaskan sejarah penggunaan uang di masyarakat pada umumnya.

2. Sebutkan 2 perbedaan uang kartal dan uang giral.

3. Sebutkan 2 perbedaan tugas bank sentral, bank umum, bank perkreditan rakyat.

4. Berikan 4 contoh lembaga keuangan nonbank.

5. Sebutkan dua faktor penyebab terjadinya perdagangan antar negara.

6. Sebutkan 2 contoh alat pembayaran luar negeri.

7. Sebutkan 2 sumber devisa negara.

8. Sebutkan 2 sumber devisa begara dan penggunaannya.

Guru yang bersangkutan,

......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger